Dinas Perhubungan Kabupaten Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, menyiapkan sistem zonasi di Pelabuhan Tanjung Ru untuk mengantisipasi penumpukan kendaraan pemudik pada Idul Fitri 1444 Hijriah.

"Kami menerapkan sistem zonasi atau penempatan di Pelabuhan Tanjung Ru untuk mengantisipasi penumpukan kendaraan pemudik," kata Kepala Bidang Perhubungan Laut dan Udara Dinas Perhubungan Kabupaten Belitung, Firmawan di Tanjung Pandan, Kamis.

Dishub Belitung memprediksikan jumlah pemudik di Pelabuhan Tanjung Ru pada Idul Fitri 1444 Hijriah meningkat jika dibandingkan tahun sebelumnya. "Kami memperkirakan ada sekitar 500 penumpang dan 300 kendaraan yang melintas di Pelabuhan Tanjung Ru nanti," ujarnya.

Firmawan menjelaskan, sistem zonasi tersebut merupakan sistem penempatan bagi kendaraan pemudik di pelabuhan tersebut. "Misalnya ada penempatan di zona A, zona B, dan zona C," katanya.

Selain itu, pihaknya juga akan mengatur zonasi bagi para pemudik mulai dari pintu masuk pelabuhan, pembelian tiket, ruang tunggu, dan masuk ke dalam kapal. "Semuanya ada rute sesuai dengan lalu lintas yang telah kami siapkan," ujarnya.

Dikatakan dia, pihaknya juga mengatur zona keberangkatan bagi kendaraan roda empat dan dua serta area.penjemputan di pelabuhan tersebut. "Hal ini dilakukan untuk  mengantisipasi  penumpukan kendaraan saat arus mudik nanti," katanya.

Firmawan menjelaskan, arus mudik Idul Fitri 1444 Hijriah di Pelabuhan Tanjung Ru akan dilayani tiga kapal milik ASDP yakni KMP Menumbing Raya, KMP Gorare, dan KMP Putri Leanpuri. "Pergerakan penumpang akan terlihat dan dirasakan pada H-7 Idul Fitri," ujarnya.

Menurut dia, Pelabuhan Tanjung Ru merupakan salah satu pintu atau lintasan para pemudik di daerah itu untuk  melakukan perjalanan mudik baik menuju Pulau Bangka maupun Sumatera.

Ia memastikan, fasilitas terminal penumpang Pelabuhan Tanjung Ru siap dan berfungsi dengan baik untuk  melayani arus mudik lebaran nanti. "Fasilitas di terminal penumpang kami pastikan sudah siap digunakan dan memberikan kenyamanan kepada para pemudik," ujarnya.

Pewarta: Apriliansyah

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2023