Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) Edi Romdhoni menekankan bahwa penyuluh pertanian haris menjadi motivator bagi petani karena peran penyuluh sangat penting untuk membangkitkan semangat dan menggerakkan petani di lapangan dalam rangka memastikan produksi komoditas pertanian tidak stagnan.

"Penyuluh itu inspirator, motivator bagi petani kita. Apalagi saat ini kita terkenal ada istilah petani milenal," kata Edi saat membuka Pertemuan Penyusunan Programa Penyuluhan Pertanian Tahun 2024 di Pangkalpinang, Selasa.

Edi mengatakan penyuluh selalu diminta untuk terus meningkatkan kompetensi karena peningkatan kemampuan diri mutlak diperlukan agar kesulitan yang dialami petani di lapangan dapat lebih mudah dicarikan solusi.

"Penyuluh jangan kalah dengan petani. Masa lebih keren petani dari pada kita dalam hal ilmu pengetahuan dan teknologi," ujarnya.

Ia menambahkan pemerintah daerah terus berupaya meningkatkan kualitas sumber daya manusia pertanian milenial di Babel melalui program pembelajaran. Salah satu diantaranya dengan memberikan beasiswa bagi anak petani untuk kuliah di perguruan tinggi di Pulau Jawa.   

"Mungkin kedepannya bisa juga dalam rangka meningkatkan kompetensi penyuluh kita, salah satunya mengirimkan penyuluh untuk kuliah. Insya Allah," ujarnya 

Penyuluh pertanian merupakan urat nadi bagi pembangunan pertanian yang dalam pelaksanaan kegiatannya membutuhkan perencanaan serta penentuan pencapaian target sasaran yang jelas dan terukur.

"Perencanaan tersebut dituangkan dalam rencana program yang menjadi langkah awal yang sangat menentukan keberhasilan pelaksanaan penyuluhan untuk kurun waktu tertentu," ujarnya.

Pewarta: Elza Elvia

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2023