Pemerintah Kabupaten Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, meluncurkan Forum komunikasi bisnis Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) guna mempercepat pertumbuhan dan kemandirian ekonomi masyarakat di tingkat desa.

Sekretaris Daerah Kabupaten Bangka Barat Muhammad Soleh di Mentok, Selasa, mengatakan forum komunikasi bisnis ini diharapkan bisa menjadi wadah bagi seluruh pelaku usaha yang berada di dalam naungan BUMDes untuk saling berkoordinasi, berkolaborasi dalam upaya meningkatkan bidang usaha yang ada di desa masing-masing.

"Ini merupakan salah satu bentuk keseriusan pemerintah daerah dalam percepatan pertumbuhan ekonomi mulai dari tingkat desa, kami berharap melalui forum ini ke depan BUMDes akan semakin maju, mandiri dan bisa menyejahterakan masyarakat di desa masing-masing," kata Sekda Soleh.

Baca juga: PT Timah Tbk libatkan bumdes reklamasi 400 hektare bekas tambang

Selain membuka forum komunikasi, Pemkab Bangka Barat melalui Dinas Sosial, Pemberdayaan Masyarakat dan Desa sejak tahun lalu juga telah membuka sekolah BUMDes Ubok Sekicing yang bertujuan untuk mengoptimalkan peran BUMDes sesuai potensi yang dimiliki.

Dengan adanya kegiatan itu diharapkan kualitas sumber daya pengelola BUMDes di seluruh Bangka Barat semakin meningkat dari sisi manajerial sehingga usaha yang dijalankan semakin membaik.

"Setiap desa di Bangka Barat memiliki potensi sumber daya alam yang luar biasa dan ini dibutuhkan sumber daya manusia yang kompeten agar bisa membangkitkan perekonomian di desa, dengan adanya kegiatan ini kami berupaya mendorong para pengurus BUMDes mampu meningkatkan perannya dalam menciptakan kemandirian perekonomian yang ada di desa-desa," katanya.

Baca juga: Bupati Bangka dorong BUMDes gali potensi sektor usaha produktif

Menurut dia, BUMDes adalah pilar bagi kemandirian perekonomian di desa dan melalui BUMDes akan bisa meningkatkan pendapatan asli desa yang tentunya akan berpengaruh terhadap pendapatan daerah.

"Jadi pola pembinaan seperti ini betul-betul diharapkan agar BUMDes menjadi pilar pembangunan dan Pemkab akan memastikan seluruh BUMDes dapat mendongkrak kemajuan pembangunan daerah," katanya.

Dengan kemajuan perekonomian di seluruh desa yang ada tentunya akan membawa dampak positif terhadap kemajuan dan perkembangan daerah.

Baca juga: Bupati Bangka Selatan minta Pemdes dukung secara total BUMDes

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Joko Susilo


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2023