Kejaksaan Negeri Bangka Selatan, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mengajak siswa SMPN 3 Air Gegas memahami masalah hukum tentang pengenalan lembaga kejaksaan, profesi jaksa, serta masalah-masalah hukum yang relevan di kalangan pelajar.

"Kegiatan yang sudah 10 kali ini kita laksanakan di SMPN 3 Air Gegas bersama dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Bangka Selatan,"kata Kepala Kejaksaan Negeri Kabupaten Bangka Selatan Riama BR Sihite melalui Kasi Intel Michael Tampubolon di Toboali usai melaksanakan Program Jaksa Masuk Sekolah (JMS).

Disampaikannya pelaksanaan kegiatan Jaksa Masuk Sekolah ini didasari oleh Keputusan Jaksa Agung Republik Indonesia Nomor : KEP-184/A/JA/11/2015 tentang Pembentukan Tim Jaksa Masuk Sekolah Kejaksaan Republik Indonesia sesuai dengan  motto pelaksanaan Jaksa Masuk Sekolah, yaitu “Kenali Hukum Jauhi Hukuman.

"Serta Kesepakatan Kerjasama antara Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Bangka Selatan dengan Kejaksaan Negeri Bangka Selatan tentang Program Jaksa Masuk Sekolah,"kata dia.

Michael mengatakan kegiatan Jaksa Masuk Sekolah di SMP Negeri 3 Air Gegas kali ini merupakan sekolah  ke 10 yang dikunjungi oleh Tim Program Jaksa Masuk Sekolah (JMS) Kejari Bangka Selatan.

"Beberapa materi yang disampaikan itu diantaranya tentang pengenalan lembaga kejaksaan RI, profesi jaksa, bahaya perlindungan narkoba, pencegahan bullying, undang-undang ITE, kenakalan remaja, dan permasalahan hukum lainnya,"kata Michael.

Ia menjelaskan tujuan dari kegiatan Jaksa Masuk Sekolah ini adalah menciptakan dampak positif dengan meminimalisir potensi permasalahan anak yang berhadapan dengan hukum khususnya di Kabupaten Bangka Selatan.

"Melalui interaksi langsung antara Kejaksaan Negeri Bangka Selatan, siswa-siswi, dan para guru, diharapkan pemahaman tentang institusi kejaksaan, permasalahan hukum, dan penegakan hukum dapat ditingkatkan,"harapnya.

Pewarta: Juniardi

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2023