Komisi Pemilihan Umum(KPU) Kabupaten Bangka Tengah, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, memberikan edukasi tentang kepemiliuan kepada pelajar di daerah setempat, untuk meningkatkan partisipasi pemilih Pemilu 2024.

"Kita memberikan edukasi seputar pemilu dan fungsi lembaga penyelenggara kepada para pelajar tingkat SMA atau sederajat sebagai generasi Z, untuk meningkat partisipasi mereka dalam Pemilu 2024," kata Divisi Hukum KPU Bangka Tengah Patoni dalam kegiatan sosialisasi pemilu kepada pemilih pemula di kantor KPU setempat, Kamis.

Patoni mengatakan, sosialisasi kepemiluan kepada pemilih pemula sangat penting karena mereka merupakan generasi Z yang baru memulai menggunakan hak pilihnya dalam Pemilu 2024.

"Kegiatan sosialisasi ini sebagai sarana pembelajaran bagi mereka untuk mengetahui lebih jauh terkait dengan pemilu," ujarnya.

Dalam kegiatan sosialisasi itu, KPU Bangka Tengah mengundang perwakilan pelajar dan guru untuk jenjang SMA/SMK atau sederajat dari seluruh atau enam kecamatan.

"Kita berharap pelajar yang sudah mengikuti kegiatan sosialisasi ini dapat membantu pihak KPU untuk menyampaikan informasi Pemilu 2024 kepada masyarakat, terutama di lingkungan tempat tinggal," ujarnya.

Pelajar sebagai pemilih pemula, kata dia dapat menjadi penyambung lidah KPU kepada masyarakat dan turut menyukseskan Pemilu 2024.

Patoni dalam materi yang disampaikannya mengajak kalangan pelajar untuk menjadi pemilih yang cerdas.

"Pemilih yang cerdas itu adalah mereka yang bisa menggunakan hak suaranya sesuai hati nurani, tanpa harus mendapatkan imbalan atau menerima uang sebagai bentuk praktik politik uang," ujarnya.

Pewarta: Ahmadi

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2023