DPRD Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) menggelar rapat paripurna Peringatan Hari Jadi ke-23 Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dengan menggunakan pakaian adat melayu.

Rapat paripurna istimewa ini dipimpin langsung oleh Ketua DPRD Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Herman Suhadi bersama tiga wakil pimpinan DPRD Babel dan dihadiri oleh Pj Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, Safrizal Zakaria Ali serta Forkopimda se-Bangka Belitung, tokoh presidium, tokoh adat, tokoh masyarakat dan stakeholder terkait lainnya.

Peringatan HUT ke-23 tahun Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mengusung tema "Bersatu kita keren, Babel ku luar biasa dan modern".

"Tema tersebut mengandung makna Provinsi Babel diharapkan akan memberikan suasana baru, kemudian hari ini bersama-sama kita wujudkan Provinsi yang sejahtera," kata Herman Suhadi dalam sambutannya saat memimpin paripurna tersebut, Selasa.

Herman mengatakan 23 tahun Provinsi Kepulauan Bangka Belitung ini telah memperoleh capaian dan hasil yang patut di syukuri baik yang telah dilakukan oleh Gubernur terdahulu maupun Pj Gubernur Babel saat ini.

Beberapa capaiannya yakni pemprov Babel kembali menorehkan prestasi dalam menekan angka kemiskinan. Persentase penduduk miskin tahun 2022 menempati urutan ketiga terendah se-Indonesia, setelah bali dan Kalimantan selatan, yaitu berada diangka 4,61 persen. 

Selain itu jumlah penduduk miskin ekstrem Bangka Belitung juga persentasenya paling rendah secara nasional yaitu sebesar 0,28 persen atau sebanyak 14.439 jiwa. Pemprov Babel telah menganggarkan kurang lebih Rp17 miliar bantuan tunai kepada masyarakat miskin ekstrem untuk menuntaskan target 0% pada tahun 2024.

"Di usia 23 tahun ini tentu diharapkan untuk lebih baik lagi, terutama angka stunting kita pada posisi zero, SDM kita meningkat dan angka kemiskinan kita berada di posisi rendah di seluruh Indonesia dan tentunya rakyat makmur dan sejahtera. Tata kelola di pemerintahan juga semakin meningkat," ujarnya.

Herman berharap 23 tahun Bangka Belitung akan lebih sejahtera dan membawa masyarakat mengenal kembali  wajah negeri ini di masa lalu. Hal ini untuk memproyeksikan di masa depan agar tidak salah haluan dan tujuan para pendiri negeri untuk lebih maju dan sempurna.

"Peringatan HUT ke 23 Provinsi Bangka Belitung, tak terlepas dari hasil perjuangan para tokoh presidium pembentukan negeri serumpun sebalai. Terima kasih kepada seluruh pejuang, para tokoh pembentukan Provinsi Bangka Belitung," tutupnya.

Pewarta: Elza Elvia

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2023