Sebanyak tiga kapal Ro-Ro milik PT. ASDP Ferry Indonesia (Persero) Cabang Bangka melayani pemudik selama masa libur Natal dan Tahun Baru 2024 di pelabuhan penyeberangan Tanjung Ru, Desa Pegantungan, Kecamatan Badau, Belitung.

Kepala UPT Pengelolaan Prasarana Teknis Perhubungan Dinas Perhubungan Kabupaten Belitung Gitono di Tanjung Pandan, Rabu mengatakan ketiga kapal tersebut adalah KMP Menumbing Raya, KMP Gorare, dan KMP Puteri Leanpuri.

"Saat ini jumlah arus penumpang dan kendaraan di pelabuhan penyeberangan Tanjung Ru Belitung di masa libur Natal dan Tahun Baru 2024 mengalami peningkatan," katanya.

Menurut dia, KMP Menumbing Raya melayani pemudik menuju pelabuhan Sadai di Bangka Selatan dengan jadwal keberangkatan sebanyak tiga kali dalam seminggu yakni Selasa, Kamis, dan Sabtu.

Sedangkan di lintasan yang sama juga dilayani oleh KMP Gorare dengan jadwal keberangkatan setiap Senin, Rabu, Jumat, dan Minggu.

"Kalau KMP Puteri Leanpuri berlayar setiap hari sebagai angkutan, penumpang, kendaraan, dan barang menuju ke Pelabuhan Tanjung Nyato di Kecamatan Selat Nasik," ujarnya.

Dikatakan Gitono, pihaknya mencatat peningkatan jumlah pemudik di masa libur Natal dan Tahun Baru 2024 kurang lebih sebanyak 30 persen.

Ia menyebutkan, KMP Menumbing Raya pada, Selasa (26/12) memberangkatkan penumpang sebanyak 95 orang, kendaraan golongan II sebanyak 31 unit,  golongan IV a lima unit, IV b empat unit, dan V b lima unit.

Sebelumnya, KMP Menumbing Raya pada, Sabtu (23/12) memberangkatkan penumpang sebanyak 33 orang, kendaraan golongan II 11 unit, golongan IV a lima unit, golongan IV b tiga unit, dan golongan V b 10 unit.

"Para pemudik didominasi oleh kendaraan roda  dalam beberapa hari terakhir," katanya.

Ia menambahkan, guna mendukung kelancaran arus mudik dan balik libur Natal dan Tahun Baru 2024 pihaknya telah mendirikan posko terpadu.

"Kami tetap mengimbau kepada para pemudik untuk tetap menjaga keselamatan diri, kesehatan, dan jangan memaksakan diri untuk melakukan perjalanan mudik apabila kondisi tubuh dalam keadaan kurang sehat," ujarnya.

Pewarta: Apriliansyah

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2023