Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung segera membentuk Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bangka Selatan guna mengoptimalkan pencegahan dan penanganan kebencanaan di daerah itu.

"Kami menargetkan 2024 ini BPBD Bangka Selatan sudah terbentuk," kata Kepala BPBD Provinsi Kepulauan Babel Mikron Antariksa di Pangkalpinang, Senin.

Ia mengatakan saat ini peraturan daerah dan peraturan gubernur terkait dengan pembentukan BPBD Bangka Selatan sudah ada, namun sekarang tinggal menentukan tipe BPBD Bangka Selatan tersebut.

"Saat ini penentuan tipe BPBD ini sudah selesai dibahas di Biro Organisasi Pemprov Kepulauan Babel dan diserahkan lagi ke Pemkab Bangka Selatan," ujarnya.

Ia menyatakan selama ini hanya Kabupaten Bangka Selatan yang belum memiliki BPBD dan hanya berupa bidang, sehingga penanganan kebencanaan di daerah itu kurang optimal.

"Insyaallah, tahun ini segera dilantik pejabat untuk mengisi BPBD Bangka Selatan ini," katanya.

Menurut dia, dengan terbentuknya BPBD Bangka Selatan maka akan memudahkan BPBD Provinsi Kepulauan Babel dalam memberikan sosialisasi dan edukasi penanganan kebencanaan ke kabupaten tersebut.

"Mudah-mudahan tidak ada lagi kendala dalam pembentukan BPBD Bangka Selatan ini, sehingga memudahkan pemerintah provinsi dalam memberikan edukasi, pelatihan peningkatan SDM dan penyaluran bantuan kepada masyarakat di Bangka Selatan ini," katanya.

Pewarta: Aprionis

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2024