Badan Keuangan Daerah (Bakuda) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) meresmikan gedung dan pelayanan Samsat Drive Thru yang terletak di lingkungan Perkantoran Gubernur Kepulauan Bangka Belitung.

Penjabat (Pj) Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Babel) Safrizal ZA menandatangani prasasti gedung didampingi Kepala Bakuda Babel, M.Haris AR AP, Dirlantas Polda Babel dan Kepala Cabang Jasa Raharja Babel, unsur Forkopimda se-Babel dan tamu undangan lainnya.

Kepala Bakuda Babel, M.Haris AR AP dalam sambutannya mengatakan pelayanan samsat corner, samsat gerai, samsat keliling, samsat setempoh dan pelayanan di mall pelayanan publik kabupaten Bangka dan samsat drive thru merupakan wujud komitmen Bakuda Babel untuk terus meningkatkan inovasi pembayaran pajak.
Foto bersama usai peresmian Samsat drive thru, Selasa (30/1). (babel.antaranews.com/Elza)

"Bakuda Babel dalam pemungutan pajak daerah terus mengembangkan berbagai inovasi untuk meningkatkan pendapatan daerah dari sektor pajak," katanya dalam sambutannya sebelum meresmikan layanan samsat drive thru di Pangkalpinang, Selasa.

Ia mengatakan layanan samsat drive thru menjadi alternatif tempat pembayaran PKB tahunan untuk ASN dan masyarakat di seputaran perkantoran gubernur yang sudah dibuka sejak tanggal 2 januari 2024 yang lalu.

"Hadirnya drjve thru ini tercatat sampai dengan tanggal 29 januari 2024, Samsat drive thru sudah melayani pembayaran sebanyak 416 unit kendaraan bermotor dengan realisasi pokok pkb sebesar Rp 363 juta dan denda Rp 23,1 juta," terang Haris.
Peninjauan gedung Samsat drive thru oleh Pj Gubernur Babel Safrizal ZA didampingi Kepala Bakuda Babel, M.Haris AR AP, Selasa (30/1). (babel.antaranews.com/Elza)

Pelayanan samsat drive thru dibuka pukul 08.00 - 16.00 WIB setiap hari Senin-Sabtu. Wajib Pajak cukup membawa KTP atau kartu identitas dan STNK Kendaraan saja, dengan hitungan menit saja lebih mudah tanpa harus mengantri.

Bersama dengan pembina samsat daerah, kepolisian dan jasa raharja, Bakuda Babel telah merencanakan dan sepakat, pelayanan samsat drive thru ini akan ditingkatkan untuk pembayaran PKB 5 tahun, sekaligus juga pencetakan Plat Nopol kendaraan.

"Dengan begitu kita dapat melayani masyarakat wajib pajak yang ingin melakukan pembayaran PKB tahunan, PKB 5 tahun dan memfasilitasi plat nopol kendaraan. Insya allah, ini akan direalisasikan dalam APBD perubahan Tahun Anggaran 2024," ujarnya.
Pj Gubernur Safrizal meninjau layanan samsat drive thru, Selasa (30/1). (babel.antaranews.com/Elza)

Gedung Samsat Drive Thru memiliki luas bangunan 35 m² dengan luas lahan 940,5 m² yang dibangun menggunakan anggaran APBD Perubahan Tahun 2023 dengan nilai lebih dari Rp 1,4 miliar.

"Setelah pembangunan gedung ini, elanjutnya perencanaan kedepan, Bakuda Babel juga akan laksanakan pembangunan landsekap dan pedestarian," ujarnya.

Penjabat (Pj) Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Babel) Safrizal ZA yang turut meresmikan langsung Samsat Drive Thru sangat mengapresiasi inovasi yang dibuat oleh Bakuda Babel.
Masyarakat yang menikmati layanan samsat drive thru tanpa harus turun dari kendaraan, Selasa (30/1). (babel.antaranews.com/Elza)

"Bakuda Babel harus selalu mengembangkan inovasi-inovasi untuk meningkatkan penerimaan pajak derah khususnya dan pendapatan asli daerah pada umumnya," ujarnya

Pj Safrizal juga berharap samsat drive thru menjadi inovasi alternatif pembayaran pajak kendaraan bermotor untuk masyarakat sekitar air itam dan ASN Penprov Babel agar kewajiban membayar pajak kendaraan bermotor dapat terlaksana.

"Adanya samsat drive thru ini masyarakat mudah membayar pajak dan dapat meningkatkan pendapatan asli daerah," harap Pj Safrizal

Pewarta: Elza Elvia

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2024