Bupati Bangka Tengah, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Algafry Rahman, mengakhiri kegiatan safari dakwahnya selama Ramadhan dengan menyantuni anak yatim dan membagikan sembako kepada para lanjut usia (lansia).

"Selama Ramadhan saya berkeliling ke sejumlah kampung dan berdakwah dari masjid ke masjid, hari ini kita akhiri perjalanan religi ini dengan menyantuni anak yatim serta pembagian sembako bagi mereka yang membutuhkan," kata Algafry dalam kegiatan safari dakwah di Masjid Nuraini Desa Kurau Barat, Senin.

Algafry mengatakan, uang santunan untuk puluhan anak yatim dan paket sembako tersebut merupakan sedekah dari para ASN di Pemkab Bangka Tengah.

"Uang santunan itu bukan dari pemerintah daerah, tetapi sumbangan atau sedekah masing-masing ASN di daerah ini," ujarnya.

Selain pemberian santunan dan pembagian sembako, bupati juga membagikan sejumlah peralatan yang dibutuhkan untuk kegiatan ibadah di Masjid Nuraini.

"Selain uang santunan dan sembako, kita juga membantu masjid ini berupa peralatan untuk beribadah seperti karpet lantai masjid, kipas angin, alat pendingin ruangan (AC) dan beberapa peralatan lainnya," ujarnya.

Bupati mengaku sangat terkesan dan menyenangkan dalam melakukan perjalanan dakwah selama  Ramadhan karena bisa bertatap muka serta berdialog dengan warga dari berbagai kalangan.

"Banyak hikmah yang kami dapatkan dalam safari dakwah ini, selain dalam rangka perjalanan ibadah juga untuk memperkuat ukhwah Islamiah antar sesama Muslim," ujarnya.

Bupati mengaku sangat senang bisa mendengarkan semua keluh kesah warganya dalam kegiatan safari dakwah tersebut.

"Saya hadir di sejumlah masjid dan terkadang mengisi kajian Islam sebagai manusia biasa, bukan sebagai bupati," ujarnya.

Demikian juga bercerita dengan para tokoh agama, kata dia, tanpa ada batasan atau antara pemimpin dan yang dipimpin.

"Saya menemui warga dari berbagai kalangan, mulai dari sejumlah tokoh dan masyarakat biasa. Semua itu saya rangkum dalam sebuah aspirasi yang mesti ditunaikan," ujarnya.

Pewarta: Ahmadi

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2024