Sekretaris Daerah Kabupaten Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, MZ Hendra Caya mendukung kehadiran komunitas "Belitong Muda Bisa" menjadi wadah kreativitas anak-anak muda di daerah itu.

"Tentunya kami pemerintah daerah mendukung penuh komunitas "Belitong Muda Bisa" ini menjadi wadah kreativitas anak-anak muda Belitung," katanya usai menerima silahturahmi ketua komunitas "Belitong Muda Bisa" di Tanjung Pandan, Minggu.

Menurut dia, Belitung membutuhkan dukungan serta ide-ide kreatif dari kalangan anak muda  di daerah itu karena sebagai destinasi pariwisata yang sedang berkembang.

"Dalam pariwisata itu ada namanya ekonomi kreatif, jadi kalau ada komunitas anak muda yang memiliki ide-ide kreatif silahkan berkumpul dan tentunya kami sangat mendukung," ujarnya.

Ia menyarankan, komunitas "Belitong Muda Bisa" terlebih dahulu dapat mengonsep ide kreativitas tersebut secara matang dan terarah untuk disampaikan kepada pemerintah daerah.

Baca juga: Pj Bupati Belitung sambut baik kehadiran komunitas "Belitong Muda Bisa"

Selanjutnya, kata dia, pemerintah daerah melalui Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait nantinya akan memberikan dukungan kepada komunitas "Belitong Muda Bisa".

"Kalau nanti soal digitalisasi maka kami punya Diskominfo kemudian kalau soal ekonomi kreatif kami ada Dinas Pariwisata jadi saya rasa ide ini sangat bagus," katanya. 

Ia juga mendorong agar komunitas "Belitong Muda Bisa" menggarap sektor-sektor lain seperti soal kepemudaan, pertanian, perikanan, dan lingkungan.

"Misalnya soal pertanian pasti ada anak-anak muda yang lulusan atau sarjana pertanian tentang bagaimana menghidupkan kembali lada  Belitung. Maka maksudnya komunitas ini bisa membicarakan banyak sektor seperti pertanian dan perikanan demi Belitung ke depannya mau seperti apa," ujarnya.

Ketua komunitas"Belitong Muda Bisa", Teguh Trinanda di Tanjung Pandan, Minggu mengatakan komunitas "Belitung Muda Bisa" menghadirkan konsep "Belitung Creative Hub" yang monumental.

"Belitong Creative Hub ini menjadi wadah kreativitas dan kolaborasi yang dirancang untuk menjadi wadah bagi para pelaku pariwisata, ekonomi kreatif, konten kreator, youtuber, influencer, insan seni, musik, UMKM, freelancer, IT/programmer, designer, dan masih banyak lagi," katanya. 

Ia menjelaskan, komunitas "Belitong Muda Bisa" bukan sekedar slogan melainkan tekad bulat yang kuat guna bisa membawa perubahan positif.

"Gerakan ini menjadi wadah bagi para pemuda Belitung untuk bisa berkolaborasi, berinovasi, dan bersama-sama membangun masa depan yang gemilang bagi kampung halaman tercinta," ujarnya.

Pewarta: Apriliansyah

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2024