Bupati Bangka Tengah, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Algafry Rahman mengerahkan sejumlah aparatur sipil negara (ASN) berbelanja bahan kebutuhan pokok di Pasar Modern Koba.

"Ini merupakan realisasi dari program gerakan ASN belanja bahan pokok untuk meningkatkan daya beli," kata Algafry di Koba, Jumat.

Ia menjelaskan gerakan ASN belanja bahan pokok ini digelar secara rutin dua kali dalam seminggu dengan mengerahkan sebanyak 500 ASN.

"Perekonomian masyarakat lagi sulit karena pendapatan dari sektor pertambangan bijih timah sangat minim, sehingga berdampak terhadap daya beli," kata Algafry.

Bupati mengambil langkah darurat dalam mengatasi persoalan tersebut dengan meluncurkan program gerakan ASN belanja bahan pokok.

"Ini hanya bagian dari solusi jangka pendek, sambil kami mencari langkah yang tepat untuk memulihkan ekonomi masyarakat dalam jangka panjang," ujarnya.

Saat ini masyarakat kata bupati dihadapkan pada kondisi yang sangat sulit, pendapatan menurun sementara harga sebagian komoditas pokok bertahan tinggi terutama dalam Ramadhan.

"Situasi ini berdampak terhadap melemahnya daya beli karena pendapatan warga merosot tajam, tidak punya uang yang cukup untuk belanja bahan pokok," kata Algafryi.

ASN yang pendapatannya stabil karena menerima gaji setiap bulan, kata bupati, menjadi harapan bagi pedagang untuk mempertahankan daya beli dan omzet mereka.

"Maka saya ambil langkah cepat dengan mewajibkan ASN belanja bahan pokok di pasar tradisional, jika ada yang tidak mengikuti program ini akan menjadi catatan kami," kata bupati.

Pewarta: Ahmadi

Editor : Joko Susilo


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2024