Berbagai peristiwa penting dan menarik terjadi di Bangka Belitung (Babel) selama sepekan dari Senin (5/8) hingga Sabtu (10/8) menjadi sorotan di antaranya usulan penghapusan pulau kecil hingga Mikron Antariksa menjabat sebagai Pj Bupati Belitung baru.

Berikut rangkuman beritanya:

1. Polisi tangkap pelaku pengeroyokan di Desa Ranggung Bangka Selatan

Kepolisian Sektor (Polsek) Payung, Polres Bangka Selatan, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menangkap terduga pelaku pengeroyokan di desa Ranggung Kecamatan Payung, pada Jumat (2/8) sekitar pukul 03.30 WIB.

"Satu orang pelaku pengeroyokan berinisial A berhasil diamankan dikediamannya di Desa Jelutung II Kecamatan Simpang Rimba. Sementara satu pelaku lainnya masih dalam pengejaran," kata Kapolsek Payung, Iptu Marto Sudomo di Toboali, Senin.

Baca selengkapnya di sini 

2. Babel usulkan 25 pulau kecil dihapus 

Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mengusulkan 25 pulau kecil untuk dihapuskan, karena tidak memenuhi kriteria sebagai pulau.
 
"Pulau ini tidak memenuhi kriteria, karena saat air laut pasang pulau ini tenggelam," kata Penjabat Gubernur Kepulauan Babel Safrizal ZA saat membuka rapat Asistensi Kegiatan Toponimi Dan Batas Daerah Tahun 2024 di Pangkalpinang, Selasa.

Baca selengkapnya di sini

3. Dua Atlet Babel raih medali perunggu pada hari kedua Kejurnas Atletik 2024

Kepala Bidang Olahraga Dinas Pariwisata, Kebudayaan, Kepemudaan dan Olahraga (Disparbudkepora) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Harun menyebutkan atlet asal Bangka Belitung berhasil meraih 2 medali perunggu dalam Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Atletik 2024 yang berlangsung di stadion Depati Amir Kota Pangkalpinang.
 
"Alhamdulillah sampai hari kedua pelaksanaan Kejurnas atletik ini tertib dan lancar. Dan atlet kita asal Babel berhasil meraih 2 medali perunggu," kata Harun kepada media di Pangkalpinang, Rabu.

Baca selengkapnya di sini

4. Molen terima rekomendasi dari Nasdem untuk Pilkada 2024

Bakal Calon Wali Kota Pangkalpinang, Maulan Aklil (Molen) kembali mendapatkan dukungan berupa surat rekomendasi dari Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Nasdem untuk Pilkada Kota Pangkalpinang 2024-2029.
 
Dukungan berupa surat rekomendasi yang diterima Molen berdasarkan Surat Keputusan DPP partai Nasdem Nomor 449-SI/RP/BPP-Nasdem/VIII/2024, menetapkan pasangan Maulan Aklil (Molen) dan Masagus M.Hakim sebagai calon Walikota dan Wakil Walikota Pangkalpinang.
 
Surat rekomendasi tersebut ditandatangani oleh Ketua Bappilu DPP Partai Nasdem Prananda Surya Paloh dan dan rekomendasi tersebut diterima oleh Maulan Aklil di kantor DPP partai Nasdem, Kamis (08/08/2024).

Baca selengkapnya di sini 

5. Pabrik CPO di Desa Kacung beroperasi akhir 2024

Pemerintah Kabupaten Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menyatakan pabrik pengolahan kelapa sawit atau "crude palm oil" (CPO) yang berlokasi di Desa Kacung diperkirakan mulai beroperasi pada akhir tahun 2024.

"Sejauh pemantauan kami di lapangan, perkembangannya cukup bagus dan saat ini sudah masuk dalam proses pembersihan lahan, sementara proses izin juga sudah berjalan," kata Kepala Dinas PMPTSP Kabupaten Bangka Barat Yuwanda Eka Putra di Mentok, Jumat.

Baca selengkapnya di sini

6. Mikron Antariksa gantikan Yuspian sebagai Pj Bupati Belitung

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Mikron Antariksa akan menggantikan Yuspian sebagai Pj Bupati Belitung.
 
Sekretaris Daerah Kabupaten Belitung, MZ Hendra Caya di Tanjung Pandan membenarkan informasi tersebut.
 
"Iya betul, Pj Bupati Belitung yang baru adalah bapak Mikron Antariksa," katanya ketika dihubungi ANTARA di Tanjung Pandan, Sabtu.

Baca selengkapnya di sini

Pewarta: ANTARA Babel

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2024