Plt Kepala Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kota Pangkalpinang, Marah Sakti mengatakan Pelatihan Berdasarkan Unit Kompetensi Teknik Sepeda Motor, Budidaya Ikan Air Tawar, Tata Rias Pengantin dan Menjahit yang digelar dinas terkait dapat menciptakan lapangan kerja baru di kota itu.

"Pelatihan unit kompetensi isi sudah berlangsung selama 14 hari dan diikuti sebanyak 45 orang peserta. Alhamdulillah penutupan pelaksanaan pelatihan kompetensi hari ini berjalan dengan baik dan lancar," ujarnya di Pangkalpinang, Selasa (20/8).

Amrah juga menjelaskan bahwa setelah penutupan pelatihan ini, pihaknya akan melakukan monitoring sekaligus pembimbingan kepada para peserta pelatihan.

"Agar apa yang didapat selama mengikuti pelatihan ini bisa diterapkan dan tujuan akhirnya adalah wirausahawan," ungkapnya.

Ia mengatakan bahwa program ini merupakan program yang dilaksanakan setiap tahunnya, hanya saja untuk tahun 2024 merupakan program pesanan.

Karena berdasarkan hasil evaluasi, banyak pencari kerja yang membuat AK1 di Disnaker minatnya lebih banyak ke 4 program kejuruan kompetensi tersebut.

"Sehingga kami mengadakan pelatihan khusus ke 4 program kejuruan tersebut. Dimana awalnya yang melamar 165 orang dan diseleksi menjadi 45 orang," ujarnya.

Selain itu, kegiatan ini juga merupakan salah satu upaya dari Pemkot Pangkalpinang terutama Disnaker Kota Pangkalpinang dalam menyikapi situasi ketenagakerjaan sekarang.

Ini adalah solusi bagaimana supaya kita tidak tergantung pada sektor-sektor formal, tetapi sektor-sektor wirausaha yang dimana peluangnya memang besar dan sangat besar sekali.

"Semoga dengan adanya pelatihan kompetensi ini, terciptanya wirausahawan baru yang mandiri, sehingga bisa menciptakan lapangan kerja baru," ujarnya.

Pewarta: Try M Hardi

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2024