BPJS Ketenagakerjaan terus berupaya meningkatkan pelayanan kepada seluruh pesertanya dalam rangka memperingati Hari Pelanggan Nasional (HPN) 2024.

Direktur Perencanaan Strategis dan TI BPJS Ketenagakerjaan, Zainudin, Kamis, mengatakan pelayanan klaim yang diberikan BPJS Ketenagakerjaan sekarang ini dapat dilakukan dengan beberapa cara, seperti bisa datang langsung ke kantor atau bisa melalui aplikasi Jamsostek Mobile (JMO).

"Kantor-kantor BPJS Ketenagakerjaan saat ini sudah kami rombak sedemikian rupa supaya bisa memberikan rasa nyaman kepada para peserta yang mau mendapatkan pelayanan di kantor kami," katanya.

Sementara bagi para peserta yang sudah melek teknologi, bisa melakukan klaim melalui aplikasi Jamsostek Mobile (JMO) yang dapat diunduh di playstore atau ios.

"Untuk klaim di bawah Rp10 juta cukup pakai aplikasi JMO dan bisa cepat cair asalkan semua data yang dimasukkan benar," katanya.

Baca juga: BPJS Ketenagakerjaan serahkan manfaat "Return To Work" kepada pekerja alami kecelakaan kerja

Baca juga: Sebanyak 2.450 pekerja rentan di Bangka peroleh jaminan perlindungan kerja

Selanjutnya untuk klaim berikutnya bisa dilakukan dengan cara online, di mana peserta bisa mengirim berkasnya ke email BPJS Ketenagakerjaan, selanjutnya tim akan memverifikasi berkas tersebut untuk dijadwalkan kapan dilakukan konfirmasi pencairan melalui video call.

"Saat dihubungi video call tersebut, peserta nantinya diharuskan menunjukkan wajah, berkas-berkas yang disyaratkan. Jika semuanya sudah sesuai dan oke, selanjutnya akan dilakukan transfer ke nomor rekening peserta," ujarnya.

Untuk itu, kata Dia, para peserta silahkan menikmati semua layanan yang diberikan BPJS Ketenagakerjaan. Pihaknya juga akan terus melakukan peningkatan pelayanan menjadi lebih baik termasuk menjangkau masyarakat di desa-desa.

Sementara itu, Abdul Shoheh selaku Kepala BPJS Ketenagakerjaan Pangkalpinang menyampaikan, saat ini pihaknya memiliki petugas unit layanan yang tersebar di semua kabupaten, seperti kabupaten Bangka Barat berada di lokasi Pemda Bangka Barat, Kabupaten Bangka Selatan di Pemda Bangka Selatan, Kabupaten Bangka Tengah di Pemda Bangka Tengah, Kabupaten Bangka di Mall Pelayanan Publik (MPP) Bangka dan yang terakhir berlokasikan di Belitung Timur. 

Pewarta: Try M Hardi

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2024