Penjabat Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Babel) Sugito secara simbolis menyerahkan 60 ekor sapi, guna membantu kelompok petani dalam mengembangkan usaha peternakan di daerah itu.

"Kita berharap bantuan ini dapat meningkatkan ketahanan pangan khususnya daging sapi yang masih mengandalkan pasokan dari luar daerah," kata Sugito saat secara simbolis menyerahkan bantuan sapi di Pangkalpinang, Selasa.

Ia mengatakan penyerahan bantuan 60 ekor sapi kepada enam kelompok tani ini merupakan rangkaian kegiatan memperingati Hari Tani Nasional Tahun 2024 yang diinisiasi Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Provinsi Kepulauan Babel, guna meningkatkan ketahanan pangan local daerah itu.

Dana bantuan 60 ekor sapi berasal APBD 2024 diberikan kepada enam kelompok tani yaitu Gabpoktan Tangguh Desa Bukit Layang Kabupaten Bangka sebanyak 10 ekor sapi, Gapoktan Kenanga Jaya Desa Teru Kabupaten Bangka Tengah 10 ekor sapi.

Gapoktan Bumi Serumpun Desa Payung Kabupaten Bangka Selatan 10 ekor sapi, Gapoktan Menumbing Lestari Desa Sungai Daeng Kabupaten Bangka Barat 10 ekor sapi, Gapoktan Mekar Berseri Desa Mentigi Kabupaten Belitung 10 ekor sapi dan Gapoktan Makmur Barokah Desa Kelubi Belitung Timur 10 ekor sapi.

"Saya meminta Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Babel untuk terus menggelorakan, menggerakkan untuk berdikari dari sebuah ketahanan pangan yang berangkat dari potensi-potensi lokal yang dimiliki desa ini," katanya.

Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Provinsi Kepulauan Babel Edi Romdoni mengatakan bantuan 60 ekor sapi ini berasal dari APBD 2024 untuk membantu kelompok tani mengembangkan usaha peternakan sapi di daerah ini.

"Saat ini untuk memenuhi kebutuhan daging sapi, kita masih mengandalkan pasokan dari luar daerah, karena peternakan sapi di daerah ini masih tahap pengembangan," katanya.

 

Pewarta: Aprionis

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2024