Kesehatan dan keselamatan kerja (K3) merupakan aspek vital dalam dunia industri, terutama bagi perusahaan yang berkomitmen untuk menciptakan lingkungan kerja yang aman dan sehat.

Sebagai wujud nyata dari tanggung jawab perusahaan terhadap kesejahteraan dan kesehatan karyawan, PT Timah berkomitmen mengimplementasikan program Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3).

PT Timah menyadari lingkungan kerja yang aman dan layak dapat menunjang produktivitas karyawan. Sehingga perusahaan berupaya maksimal untuk mewujudkannya. Salah satunya melalui perogram pemeriksaan kesehatan rutin.

Anggota holding industri pertambangan MIND ID, PT Timah memberikan fasilitas kesehatan bagi karyawan berupa pemeriksaan kesehatan, layanan kesehatan, pemeriksaan khusus bagi yang memiliki penyakit serius/risiko kesehatan tinggi, hingga memberikan pemeriksaan akhir bagi seluruh karyawan yang akan memasuki masa pensiun.

PT Timah mewajibkan karyawan minimal satu kali dalam setahun untuk melaksanakan medical check-up (MCU) yang didalamanya terdapat pemeriksaan anamnesis, pemeriksaan fisik, pemerikaan laboratorium, EKG dan treadmill, pemeriksaan khusus seperti sprirometri dan audiometri dan tes kebugaran serta skrining kesehatan mental.

Medical Check-Up secara berkala bagi seluruh karyawan bertujuan untuk mendeteksi secara dini potensi gangguan kesehatan yang mungkin dialami oleh karyawan, terutama yang terkait dengan pekerjaan mereka. Dengan pemeriksaan kesehatan ini, perusahaan dapat mengambil tindakan pencegahan sebelum masalah kesehatan menjadi lebih serius.

Secara berkala, PT Timah juga menyediakan layanan pemeriksaan ergonomis, edukasi kesehatan, dan penilaian kelelahan (fatigue) bagi karyawan.

Tak kalah pentingnya, PT Timah memiliki layanan kesehatan berupa onsite klinik di tempat kerja dan buka selama jam kerja, untuk lebih jauhnya kami telah melakukan beberapa kemitraan rumah sakit dan klinik setempat
untuk memenuhi layanan medis karyawan.

Upaya lain yang dilakukan PT Timah untuk meningkatkan kesadaran karyawan terhadap pentingnya mengelola kesehatan pribadi baik terkait pekerjaan ataupun tidak, PT Timah juga melaksanakan beberapa program promosi kesehatan untuk meningkatkan kualitas kesehatan pekerja secara berkala.

"Selama tahun 2023, PT Timah mengidentifikasi tidak ditemukan penyakit akibat kerja berdasarkan hasil pemeriksaan kesehatan rutin yang dilakukan Divisi K3LH," kata Kepala Bidang Komunikasi Perusahaan PT Timah, Anggi Siahaan.

Anggi menambahkan, perusahaan menunjukkan komitmen serius dalam menjaga kesehatan dan keselamatan karyawan. Kedua program ini tidak hanya melindungi karyawan dari risiko kecelakaan kerja dan masalah kesehatan, tetapi juga menciptakan tempat kerja yang produktif.

"Kesehatan karyawan adalah aset berharga bagi perusahaan, dan melalui langkah-langkah ini, kami berupaya untuk memastikan bahwa setiap karyawan dapat bekerja dengan aman, sehat, dan nyaman sehingga berdampak pada peningkatan produktivitas," ucapnya. 




 

Pewarta: Aprionis

Editor : Aprionis


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2024