Sungailiat  (Antaranews Babel) - Pemerintah Kabupaten Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mengajak petani tambak di daerah itu untuk meningkatkan budidaya ikan air tawar guna memenuhi kebutuhan masyarakat.

"Kami terus mendorong masyarakat petani tambak untuk mengembangkan dan meningkatkan budidaya ikan air tawar untuk memenuhi kebutuhan konsumsi ikan masyarakat yang terus meningkat," kata Kepala DKP Kabupaten Bangka Ahmad Sapran di Sungailiat, Selasa.

Melihat potensinya, budidaya ikan air tawar di daerah ini cukup menjanjikan dan diharapkan kepada masyarakat untuk mau berusaha membudidayakannya dengan baik.

"Selain mampu membuka usaha sendiri juga berdampak baik terhadap daerah dalam hal perekonomian masyarakat," katanya.

Dalam mencukupi permintaan kebutuhan benih ikan, pihaknya secara bertahap melakukan pemenuhan sejumlah benih ikan air tawar di Balai Benih Ikan (BBI).

"Petani tambak yang membutuhkan benih ikan dapat langsung ke BBI untuk memilih jenis ikan yang diinginkan untuk dikembangkan," katanya.

Menurut dia, selain mendorong petani tambak mengembangkan budidaya ikan air tawar, pihaknya juga meminta masyarakat lebih kreatif dalam memproduksi pakan pelet berbahan baku ikan.

Ia mengatakan, pembuatan pelet untuk pakan ikan dengan berbahan baku ikan mudah pembuatannya begitu pula bahan bakunya yang cukup terjangkau.

"Dengan diproduksinya pelet atau pakan oleh masyarakat akan membantu ketersediaan pakan ikan oleh petani tambak dengan harga yang diharapkan relatif lebih murah dibanding dengan harga di pasaran," katanya.

Pewarta: Kasmono

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2018