Sungailiat (Antaranews Babel) - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mengharapkan pengerukan alur muara sungai pihak PT Pulomas bekerjasama dengan Pelabuhan Perikanan Nusantara (PPN) Sungailiat.

"Kita sengaja melakukan peninjauan guna menyikapi persoalan sedimentasi yang terjadi di alur muara Pelabuhan Jelitik ini," kata Ketua Komisi III DPRD Kabupaten Bangka, Hendra Yunus di Sungailiat, Selasa.

Dia mengatakan peninjauan ini diharapkan PPN Sungailiat dapat mendorong pusat untuk dapat menggelontorkan dananya ke daerah ini untuk membantu melakukan pengerukan alur muara di dermaga pelabuhan Jelitik, Sungailiat.

Menurutnya berdasarkan keterangan dari PPN Sungailiat saat ini ada fokus dari pemerintah pusat melakukan pembangunan ke daerah-daerah pinggiran.

"Sembari menunggu anggaran dari pusat turun, kita harap kepada PPN Sungailiat terus bersinergi dengan PT Pulomas yang melakukan pengerukan alur muara di dermaga pelabuhan Jelitik," katanya.

Sementara, Kepala Pelabuhan Perikanan Nusantara Sungailiat, Tri Aris Wibowo, mengatakan akan lebih intensif lagi dalam melakukan pengerukan alur muara bersama PT Pulomas dengan harapan alur muara tidak mengalami pendangkalan kembali.

"Mudah-mudahan seperti tahun 2016 dan 2017 tidak ada lagi pendangkalan," kata Tri.

Ditambahkannya pengerukan alur muara yang dilaksanakan  PT Pulomas sangat terbantu mengingat anggaran yang dimiliki PPN Sungailiat sangat terbatas untuk melakukan normalisasi alur muara.

Kepala Unit Cabang PT Pulomas‎ di Sungailiat, Yanto, mengatakan pihaknya terus melakukan normalisasi pengerukan alur muara di alur dermaga Pelabuhan Jelitik Sungailiat.

"Kondisi alur muara aman-aman saja dan sampai saat ini kondisinya lancar, bahkan sudah satu tahun lebih dan mau masuk dua tahun," kata Yanto.

Pengerukan alur muara, pihaknya tidak mengalami kendala apapun di lapangan dan memaksimalkan pekerjaan yang ada dengan penambahan armada.

Menurutnya pengerukan yang dilakukan PT Pulomas sudah sesuai standart operasional prosedur dan tekhnisnya hingga satu mil muara sungai.


 

Pewarta: Dwi HP

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2018