Pemerintah Kabupaten Bangka Selatan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung akan membangun jaringan irigasi sawah guna meningkatkan pembangunan insfratruktur, khsususnya areal persawahan yang ada di daerah itu.

"Tahun 2019, Kami dibantu Kementerian Pertanian rencananya akan membangun jaringan irigasi, namun saat ini masih penyempurnaan kondisi persawahan di Basel, optimasi lahan 300 hektar," kata Kepala Dinas Pertanian, Pangan dan Perikanan Kabupaten Bangka Selatan, Suhadi di Toboali, Minggu.

Selain itu, rencananya tahun ini Kementan juga akan memberikan bantuan berupa alat penunjang peningkatan pertanian berupa alat mesin pertanian (Alsintan) untuk petani yang ada di Bangka Selatan.

"Tidak hanya jaringan irigasi dan optimasi lahan pertanian, tahun ini kami juga dibantu traktor roda dua dan kultivator dari Kementan untuk menunjang peningkatan produksi pertanian," katanya.

Tidak hanya di bidang pertanian, pemerintah pusat juga akan membantu di sektor perternakan berupa asuransi usaha ternak sapi sebanyak 3000 polis dan usaha tanam pangan seluas 3000 hektar.

Menurutnya, bantuan dari pemerintah pusat ke daerah Kabupaten Basel pada tahun 2019 ini terbilang minim sekali, hanya saja pihaknya banyak mengajukan usulan bantuan ke pemerintah pusat pada tahun 2020 mendatang, dan saat ini masih tahap perencanaan.

"Untuk usulan 2020 kita mengajukan pembangunan irigasi di desa Batu Betumpang, desa Panca Tunggal, desa Rias, desa Payung, desa Serdang, desa Gadung, desa Tanjung Sangkar, desa Tanjung Labu dan desa Penutuk yang semua itu direncakan keseluruhan lahan seluas 1200 hektar," katanya.

Pewarta: Eko SR

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2019