Tahun 2020 , Dana Alokasi Khusus (DAK) Fisik yang akan diterima Pemkab Bangka Selatan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dikabarkan meningkat sebesar 10 persen dari tahun 2019.

"Tahun 2020 ini DAK fisik mengalami peningkatan 10 persen menjadi Rp121 miliar dari tahun 2019 hanya sebesar Rp 110 miliar," Kata Kepala Bapeda Bangka Selatan, Herman di Toboali, Jum'at. 

Ia mengatakan untuk DAK tahun 2020 penggunaannya akan tetap dikonsentrasikan ke beberapa bidang atau sektor yang sama seperti tahun 2019.

"DAK tahun 2020 akan di prioritaskan kepada program strategis yang ada di bidang Pendidikan, Kesehatan, Sanitasi, Jalan dan Pasar," kata dia. 

Menurut dia, alokasi DAK untuk bidang-bidang tersebut sesuai dengan Rencana Kerja Pemerintah Daerah yang sesuai dengan arah sasaran prioritas pemerintah pusat, provinsi maupun Kabupaten Bangka Selatan.

"Selain sejalan dengan program pusat dan Provinsi alokasi DAK juga sesuai dengan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) dan agenda prioritas kepala daerah," kata dia. 

Ia mengatakan Bappeda Kabupaten Bangka Selatan berkomitmen siap dan akan mengawal termasuk mengintervensi perumusan perencanaan masing-masing sektor strategis agar berjalan sesuai jalur. 

"Yang jelas kami dari Bappeda akan siap mensuport agar apa yang ingin dicapai demi kemajuan daerah dapat terlaksana,".kata dia.

Pewarta: Eko Septianto Rasyim

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2019