Satuan Tugas Penanganan COVID-19 Kabupaten Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mencatat pada 5 Januari 2022 terjadi penambahan empat kasus baru warga yang terkonfirmasi positif virus setelah dalam sepekan nihil.

"Kasus baru ini terjadi di dua kecamatan, yaitu satu orang di Kecamatan Simpangteritip dan tiga di Jebus, mereka saat ini menjalani kewajiban isolasi," kata Juru Bicara Satgas Penanganan COVID-19 Kabupaten Bangka Barat, M. Putra Kusuma di Mentok, Rabu.

Ia menjelaskan, empat pasien yang dinyatakan positif COVID-19 tersebut merupakan hasil pengembangan pemeriksaan dari pasien di Kecamatan Jebus.

Baca juga: Polres Bangka Barat gandeng pemuka agama untuk cegah paham radikal

Dengan adanya tambahan empat kasus baru ini, jumlah kasus keseluruhan selama pandemi COVID-19 di Kabupaten Bangka Barat mencapai 5.645 kasus, 141 pasien meninggal dunia, 5.500 pasien dinyatakan sembuh dan empat pasien masih isolasi.

"Kami berharap ini menjadi peringatan kita bersama bahwa pandemi masih berlangsung dan kita perlu terus waspada dengan menjaga diri agar tidak tertular virus tersebut," katanya.

Ia mengajak seluruh warga untuk tetap disiplin menjalankan protokol kesehatan 5M dan mengurangi mobilitas.

Selain itu, warga juga diminta untuk ikut vaksinasi COVID-19 guna meningkatkan kekebalan tubuh dan mengurangi risiko terjadinya sakit gejala berat pada saat tertular virus tersebut.

"Gerai vaksin sudah tersedia di seluruh unit pelayanan kesehatan, kami juga membentuk tim vaksinator bergerak untuk menjangkau kelompok warga hingga pelosok," katanya.

Baca juga: Polres Bangka Barat salurkan bantuan kepada keluarga korban kebakaran

Baca juga: Disdikpora Kabupaten Bangka Barat pantau penerapan prokes PTM

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2022