Pemerintah Kabupaten Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menyatakan tingkat partisipasi pemilih pada pelaksanaan pemungutan suara pemilihan kepala desa serentak sebanyak 73.137 dari 98.502 orang yang terdata dalam daftar pemilih tetap, atau mencapai 75 persen.

"Tingkat partisipasi masyarakat dalam menggunakan hak pilih ini kami nilai sudah cukup tinggi dan bisa menjadi gambaran awal agar ke depan kita bisa bersama-sama meningkatkan partisipasi pemilih," kata Kepala Bidang Pemerintahan Dinas Sosial, Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Bangka Barat Idza Fajri AL-Az di Mentok, Jumat.

Menurut dia, kebijakan yang diambil Pemkab Bangka Barat berupa libur lokal pada hari pelaksanaan pemungutan suara Pilkades Serentak 55 desa, yaitu Rabu 26 Oktober 2022, juga menjadi salah satu faktor tingginya tingkat partisipasi pemilih.

"Kemungkinan ini juga berkat dukungan dan kerja keras para peserta dalam mengajak warganya memilih," katanya.

Hasil perhitungan suara Pilkades serentak di 55 desa sudah dilaksanakan pada hari yang sama setelah pencoblosan selesai dan saat ini sudah ada beberapa desa yang sedang melakukan rapat pleno untuk penetapan hasil pemungutan suara.

"Jika dilihat dari data hasil pemungutan suara sementara, terdapat beberapa petahana yang tidak terpilih kembali. Dari 41 petahana yang menjadi kontestan, hanya 13 yang berhasil meraih suara terbanyak," ujarnya.

Idza berharap hasil penghitungan sementara tidak ada perubahan hingga ditetapkan melalui rapat pleno tingkat desa dan seluruh tahapan yang sudah dilaksanakan sesuai dengan aturan.

"Perhitungan ulang itu kemungkinan besar tidak akan ada, karena perhitungan ulang hanya akan dilaksanakan jika terjadi sengketa dan terbukti menyalahi aturan. Mudah-mudahan tidak ada, sampai sekarang belum ada gugatan," katanya.

Berikut nama-nama peserta Pilkades serentak di Bangka Barat yang memiliki jumlah suara terbanyak, dari Kecamatan Mentok yaitu dari Desa Airputih Sulaiman, Desa Airlimau Mexsi Diansah.

Untuk Kecamatan Simpangteritip, di Desa Pelangas pemilik suara terbanyak Hermin, Kundi Bujang Itam, Mayang Kasno Susanto, Paradong Haidir Maulana, Berang Beni Bastari, Rambat Panji Isla, Simpanggong Irwandi, Simpangtiga Sartojoyo, Ibul Arnui M Dasir, Pangek Sarmin, Bukitterak Romlan dan dari Desa Airmenduyung atas nama Madiyah.

Selanjutnya, Kecamatan Jebus, yaitu Desa Jebus pemilik suara tebanyak atas nama Suparman, Sungaibuluh Andika Irliansyah, Tumbakpetar Paril, Limbung Angga Saputra, Rukam Raharjo, Ranggiasam Hadianto, Ketap Asyro Hasbar, Mislak Yuzir AU, Pebuar Jumri, Sinarmanik Sudirman Derani dan Desa Air Kuang oleh Suwanto.

Untuk Kecamatan Kelapa, Desa Kayuarang Nelson Tambunan, Pusuk Hopermen Daus, Dendang Hengki Firmansyah, Kacung Dimas Darmawansyah, Sinarsari Amran, Beruas Zuhri, Tebing Saimi, Terentang Yusuf R, Tuik Sudrajat, Tugang Harianto,Airbulin Alhadi dan dari Desa Pangkalberas oleh Rusmandi.

Kecamatan Tempilang, tediri dai Desa Tempilang suaa teranyak oleh Rosidi, Tanjungniur Sukarman, Sangku Andi Harta, Buyankelumbi Arlan Densi, Penyampak Doni, Bentengkota Saprul, Airlintang Ardian, Sinarsurya Yurizaldi, dan Desa Simpangyul atas nama Faturrohim.

Sedangkan di Kecamatan Parittiga, di Desa Sekarbiru pemilik suaa tebanyak Munarfarzah, DesaTelak oleh Faharudin, Cupat Gegha Khris Kharisma, Bakit Ahmad Amsyir, Puput Li Ley Zhon, Airgantang Alikan, Kapit Marwan, Semulut Gusti, dan Desa Teluklimau Jemaun.

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2022