Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) menyatakan bahwa daerah itu saat ini nihil kasus aktif COVID-19.

"Belitung nihil kasus COVID-19 karena seluruh pasien yang sebelumnya dirawat di rumah sakit dinyatakan sembuh," kata Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinkes Belitung, Sri Agustini di Tanjung Pandan, Ahad.

Ia mengatakan sejumlah pasien COVID-19 yang sebelumnya menjalani perawatan intensif di RSUD Marsidi Judono Belitung seluruhnya dinyatakan sembuh.

"Kemudian pasien COVID-19 di Rumah Sakit Darurat COVID-19 atau yang sedang menjalani isolasi mandiri juga dinyatakan tidak ada lagi," katanya.

Ia meminta masyarakat tetap menjalankan protokol kesehatan seperti memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan, dan menghindari kerumunan.

"Karena pandemi COVID-19 belum sepenuhnya berakhir kami harap masyarakat tetap menjalankan protokol kesehatan," katanya.

Sri menyebutkan Dinkes Belitung juga terus meningkatkan capaian vaksinasi COVID-19 di daerah itu.

Ia menilai, pemberian vaksin COVID-19 penting guna melindungi masyarakat dari penularan dan mengurangi resiko kematian akibat COVID-19.

Pihaknya mengimbau masyarakat yang belum melakukan vaksinasi agar segera mengikuti program vaksinasi COVID-19.

"Terutama masyarakat yang sudah sampai waktu untuk menerima vaksin COVID-19 dosis booster atau penguat," ujarnya.

Ia menjelaskan kegiatan layanan vaksinasi dilakukan di sejumlah fasilitas pelayanan kesehatan setempat.

Selain itu Dinkes Belitung juga membuka gerai vaksin di pusat keramaian dan destinasi wisata.

"Kami harapkan upaya ini dapat meningkatkan capaian vaksinasi COVID-19 di Belitung terutama untuk vaksin dosis ketiga," demikian Sri Agustini.

Pewarta: Apriliansyah

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2023