Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Bangka Tengah, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, meluncurkan aplikasi elektronik sistem pembinaan dan pembentukan karakter kebangsaan (sibintukar).

"Aplikasi sibintukar ini kita luncurkan untuk paduan pembinaan di sekolah, termasuk panduan seleksi Paskibraka serta pembinaan karakter kebangsaan bagi masyarakat," kata Kepala Kesbangpol Bangka Tengah Samsul Komar di Koba, Senin.

Ia menjelaskan, aplikasi sibintukar ini memberikan akses yang mudah dan luas bagi anggota Paskibraka untuk memperoleh pengetahuan tentang kebangsaan.

"Tentu kami berharap melalui sibintukar, anggota Paskibraka dapat lebih memahami dan mengamalkan nilai-nilai kebangsaan dalam kehidupan sehari-hari," ujarnya.

Aplikasi sibintukar memudahkan pembinaan dan pembentukan karakter kebangsaan dan semakin terstruktur serta efektif.

"Kita berharap aplikasi ini dapat memberikan informasi dan meningkatkan pengetahuan mereka dalam rangka menjadi generasi yang mencintai tanah air, serta memiliki komitmen tinggi terhadap kebangsaan," ujarnya.

Kabid Ideologi dan Wawasan Kebangsaan Zulfan mengatakan, aplikasi sibintukar ini meningkatkan wawasan kebangsaan dan memberikan informasi yang komprehensif tentang penilaian dalam pemilihan anggota Paskibraka.

"Melalui website sibintukar ini akan muncul panduan pemilihan anggota Paskib dan juga pengetahuan umum tentang ideologi pancasila," ujarnya.

Ia menjelaskan, sibintukar merupakan sebuah sistem berbasis website yang dirancang sebagai upaya untuk memberikan pembinaan dan pembentukan karakter kebangsaan yang lebih efektif dan efisien bagi anggota Paskibraka.

"Dalam sistem ini, anggota Paskibraka akan dapat mengakses berbagai materi pembinaan seperti sejarah kebangsaan, nilai-nilai nasionalisme dan budaya Bangka Tengah secara online," ujarnya.

Pewarta: Ahmadi

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2023