Direktur Perawatan Kesehatan dan Rehabilitasi (Dirkesrehab) Kemenkumham M.Hilal mengunjungi Lapas Kelas IIA Pangkalpinang guna memastikan pelayanan kesehatan kepada warga binaan permasyarakatan di lapas tersebut.

"Kita ingin melihat lebih dekat, apakah laporan pelayanan kesehatan yang dilaporkan lapas ini sudah benar atau tidak," kata M.Hilal di Pangkalpinang, Jumat.

Ia mengatakan dalam meningkatkan pelayanan kesehatan kepada warga binaan permasyarakatan, Kemenkumham melakukan monitoring dan evaluasi atas laporan-laporan yang dilaporkan oleh lembaga permasyarakatan ke pusat.

"Kami memonitor laporan-laporan yang diterima dengan turun langsung ke lapas untuk memastikan kebenaran laporan tersebut. Apakah sudah sesuai atau tidak," katanya.

Ia menyatakan kunjungan ke Lapas Kelas IIA Pangkalpinang kali ini, Direktorat Jenderal Pemasyarakatan (Ditjenpas) juga memberikan pendampingan teknis penyelenggaraan pengendalian penyakit menular, khususnya HIV/AIDS dan TBC. 

"Alhamdulillah, Lapas Pangkalpinang telah menjalankan langkah-langkah preventif dan kuratif sesuai dengan standar kesehatan yang ditetapkan," ujarnya.

Menurut dia pelayanan kesehatan di lapas ini sudah sesuai standar yang ditetapkan dan juga kebersihan lingkungan dan kamar bagi WBP juga sudah bersih.

"Kamar isolasi harus steril yang cukup asupan sinar matahari, adakan pelatihan kader kesehatan terkait pencegahan dan penanganan penyakit menular, serta lakukan program deteksi dini bagi warga binaan yang berisiko,” harap Hilal.

Pewarta: Aprionis

Editor : Joko Susilo


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2024