Pangkalpinang (Antara Babel) - Dinas Kesehatan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung pada 2017 menargetkan memberikan imunisasi dasar lengkap 26.018 balita, guna meningkatkan ketahanan tubuh balita dari serangan berbagai penyakit berbahaya.

"Kami optimistis target pemberian imunisasi dasar lengkap tahun ini tercapai, karena tingkat kesadaran masyarakat yang tinggi untuk mengimunisasi balitanya," kata Kepala Seksi Surveilans dan Imunisasi Dinkes Kesehatan Kepulauan Babel M Rais Haru di Pangkalpinang, Selasa.

Ia menjelaskan 26.018 target imunisasi dasar lengkap yaitu imunisasi hepatitis B, BCG, polio, DPT dan campak tersebar di kabupaten kota dengan rincian Kabupaten Bangka 6.180 balita, Bangka Barat 3.791 balita, Bangka Tengah 3.369 balita.

Selanjutnya target imunisasi balita di Kabupaten Bangka Selatan 3.614 orang, Belitung 2.835 orang, Belitung Timur 2.119 orang dan Kota Pangkalpinang 4.110 orang balita.

"Saat ini realisasi pemberian imunisasi dasar lengkap sudah mencapai  75 persen dari target yang ditetapkan Kementerian Kesehatan," katanya.

Pada tahun ini, kata Rais Kementerian Kesehatan menargetkan pencapaian imunisasi balita di atas 85 persen dari total balita di daerah ini.

"Secara umum pencapaian pemberian imunisasi dasar lengkap di Provinsi Kepulauan Babel pada 2016 sudah mencapai 95 persen, artinya kesadaran masyarakat untuk memberikan imunisasi anaknya sudah cukup baik," ujarnya.

Menurut dia dalam meningkatkan kesadaran imunisasi balita ini, Dinkes beberapa tahun terakhir mengintegrasikan program KB, kesehatan ibu dan anak, gizi serta program kesehatan masyarakat lainnya di pusat-pusat pelayanan kesehatan rumah sakit, puskesmas dan posyandu.

Selain itu pihaknya terus memberikan penyuluhan dan pendidikan kepada masyarakat khususnya ibu-ibu tentang pentingnya imunisasi ini untuk perkembangan dan kesehatan balitanya.

"Alhamdulillah kegiatan ini memberikan dampak yang positif dalam merealisasikan target imunisasi balita dan ini akan terus ditingkatkan agar anak-anak di daerah ini dapat tumbuh dan berkembang dengan sehat," ujarnya.

Pewarta: Aprionis

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2017