Pangkalpinang  (Antara Babel) - Badan Pusat Statistik Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menyatakan jumlah penumpang kapal laut antarpulau yang berangkat pada Oktober 2017 mencapai 10,80 ribu orang atau naik 5,19 persen jika dibandingkan bulan sebelumnya 10,27 ribu orang.

"Dua dari lima pelabuhan di Provinsi Kepulauan Babel mengalami kenaikan, sementara pelabuhan lainnya turun dan tidak ada keberangkatan penumpang," kata Kepala BPS Kepulauan Babel, Darwis Sitorus di Pangkalpinang, Selasa.

Ia menjelaskan, dua pelabuhan yang mengalami peningkatan penumpang, yaitu Pelabuhan Pangkalbalam 11,95 persen dan Pelabuhan Tanjung Kalian naik sebesar 6,83 persen.

Sementara itu, jumlah penumpang kapal yang berangkat di Pelabuhan Tanjung Pandan turun 6,02 persen dan Pelabuhan Belinyu turun 4,84 persen dibandingkan bulan sebelumnya. Sedangkan Pelabuhan Sadai tercatat tidak ada keberangkatan penumpang.

"Apabila dibandingkan dengan periode yang sama pada tahun lalu (Januari-Oktober 2016) secara kumulatif jumlah penumpang yang berangkat ari seluruh pelabuhan naik 22,39 persen," katanya.

Ia mengatakan, jumlah penumpang angkutan laut antarpulau yang datang sebanyak 9,48 ribu orang atau mengalami penurunan 19,14 persen dibandingkan bulan sebelumnya.

"Apabila dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya penumpang yang datang di pelabuhan daerah ini mengalami peningkatan 9,82 persen," ujarnya.

Ia memperkirakan penumpang kapal laut antarpulau yang berangkat maupun tiba pada Desember tahun ini akan mengalami peningkatan, karena meningkatnya calon penumpang kapal menjelang Natal dan tahun baru.

"kami memperkirakan calon penumpang kapal meningkat, namun tidak seperti calon penumpang menjelang hari Raya Idul Fitri," ujarnya.

Pewarta: Aprionis

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2017