Pangkalpinang  (Antaranews Babel) - Badan Pusat Statistik Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mencatat jumlah penumpang angkutan laut antarpulau yang berangkat pada Mei 2018 sebanyak 8,68 ribu orang, atau naik 8,69 persen dibanding April 7,98 ribu orang.

"Diperkirakan penumpang kapal laut pada Juni tahun ini juga mengalami peningkatan signifikan karena ?bertepatan arus mudik Idul Fitri 1439 Hijriah dan liburan sekolah," kata Kepala BPS Provinsi Kepulauan Babel Darwis Sitorus di Pangkalpinang, Kamis.

Ia mengatakan dari lima pelabuhan keberangkatan penumpang kapal laut antarpulau hanya satu pelabuhan yang mengalami peningkatan jumlah penumpang yang berangkat dibanding bulan sebelumnya, yaitu Pelabuhan Tanjungpandan sebesar 216,92 persen.

Sementara itu, tiga pelabuhan mengalami penurunan yakni Pelabuhan Belinyu 14,37 persen, Pelabuhan Tanjung Kalian 13,17 persen, Pangkalbalam turun 10,61 persen. Pada pelabuhan lainnya tercatat tidak ada keberangkatan penumpang.

"Apabila dibandingkan dengan periode yang sama pada tahun lalu (Januari-Mei 2017), secara kumulatif jumlah penumpang yang berangkat dari seluruh pelabuhan tercatat naik sebesar 8,35 persen," katanya.

Menurut Darwis kedatangan penumpang angkutan laut pada Mei 2018 sebanyak 9,66 ribu orang. Jumlah tersebut naik sebesar 12,25 persen dibanding bulan sebelumnya. ? ? ? "Dua pelabuhan mengalami penurunan jumlah penumpang yang datang, yakni Pelabuhan Tanjung Kalian ?23,01 persen dan?diikuti Pelabuhan Belinyu 9,46 persen," katanya.

Di Pelabuhan Tanjungpandan mengalami kenaikan 204,69 persen dan Pelabuhan Pangkalbalam 32,71 persen. Sementara itu, pada pelabuhan kategori lainnya tercatat tidak ada kedatangan penumpang.

"Apabila dibandingkan dengan periode yang sama pada tahun lalu kedatangan penumpang di seluruh pelabuhan tercatat mengalami kenaikan sebesar 5,37 persen," ujarnya.

Pewarta: Aprionis

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2018