Toboali (Antaranews Babel) - Pemerintah Kabupaten Bangka Selatan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung membagikan sebanyak 81.175 kilogram benih padi hibrida guna membantu kelompok petani mengembangkan usaha pertanian.

"Benih padi ini dibagikan kepada tujuh gapoktan di empat kecamatan. Ini merupakan bantuan dari pemerintah pusat," kata Kepala Dinas Pertanian, Pangan dan Perikanan Kabupaten Bangka Selatan, Suhadi di Toboali, Kamis.

Jumlah benih padi yang dibagikan kepada gapoktan di tujuh desa di Bangka Selatan itu bervariasi sesuai dengan kebutuhan dan luas sawah yang dikelola. Bantun itu diharapkan dapat meningkatkan produksi padi di daerah ini.

Sebanyak 81.175 kilogram benih padi itu dibagikan ke Desa Rias, Desa Kepoh, Desa Serdang, Desa Tanjung Sangkar, Desa Pergam, Desa Delas, dan Desa Batu Betumpang.

Pekan ini Dinas Pertanian juga akan kembali menyalurkan bantuan benih padi sebanyak 35.500 kg kepada gapoktan di Bangka Selatan.

"Minggu ini kami akan menyalurkan lagi benih padi sebanyak 35.500 kg, " katanya.

Ia menyebutkan ketujuh gapoktan yang diberikan benih padi dari pemerintah pusat ini tidak serta merta dilepaskan begitu saja, karena petugas penyuluh pertanian di masing masing desa akan terus melakukan pendampingan.

"Setelah mendapat benih padi para gapoktan ini akan kita dampingi dalam setiap proses sampai panen, " katanya.

Menurut dia, Pemerintah akan terus berupaya semaksimal mungkin untuk membantu petani meningkatkan kesejahteraannya.

"Untuk meningkatkan kesejahteraan petani selain memberikan benih padi, kami juga akan memfasilitasi prasarana pertanian seperti penataan perairan, prasarana pertanian serta kegiatan penunjang lainnya seperti memfasilitasi alat mesin pertanian, pompanisasi untuk daerah yang kurang air, namun semua pada intinya ini adalah upaya untuk meningkatkan produksi dan produktivitas bidang pertanian," katanya.

Pewarta: Eko SR

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2018