Toboali, Babel (Antaranews Babel) - Dinas Pertanian Pangan dan Perikanan Kabupaten Bangka Selatan panen perdana buah melon di kebun percontohan milik masyarakat yang ada didaerah itu.

"Tanaman Holtikultura ini memiliki prospek yang cerah untuk Bangka Selatan, karena tadinya untuk komiditi ini masih didapat dari luar daerah," kata Kepala Dinas Pertanian, Pangan dan Perikanan Kabupaten Bangka Selatan, Suhadi melalui Kabid Pertanian, Patoni di Toboali, Rabu.

Ia mengatakan sudah dua tahun ini pemerintah daerah bersama masyarakat mulai mengembangkan dan memproduksi sendiri buah melon dan labu madu.

"Hal ini adalah sebuah prestasi yang membanggakan bagi kami, sehingga hadirnya produk sendiri dapat menekan harga komiditi tersebut di pasar, karena masyarakat Bangka Selatan sangat gemar mengkonsumsi buah buahan," katanya.

Ia mengatakan untuk wilayah sentra tanaman holtikultura yang ada di Bangka Selatan tersebar dibeberapa desa, yakni Teladan, Gadung, Serdang, Rias dan Keposang yang dimana sebelumnya masih mengandalkan tanaman semangka.

"Dengan panennya melon dan labu madu ini diharapkan dapat menjadi motivasi bagi petani lainnya untik menanam komoditi tersebut," katanya.

Sementara itu, Pemilik Kebun Holtikultura, H Andi Kusuma mengatakan menanam tanaman holtikultura dilakukan lantaran memiliki prospek yang menjanjikan.

"Prospeknya sangat menjanjikan dan marketnya pun masih cukup luas serta nilai jual yang masih bagus," katanya.

Pewarta: Eko SR

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2019