Sungailiat, Babel (Antaranews Babel) - Pemerintah Kabupaten Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung siap mendukung Komisi Pemilihan Umum (KPU) Bangka untuk menyukseskan Pemilihan Umum (Pemilu) 2019 di daerah itu.

"Kami sudah sering melakukan pertemuan terkait persiapan Pemilu 2019 dengan pemangku kepentingan, Pemkab Bangka siap mendukung KPU untuk menyukseskan Pemilu 2019 ini," kata Staf Ahli Bupati Bangka Bidang Politik dan Pemerintahan, Restunemi usai mengikuti pertemuan dengan pemangku kepentingan di Sungailiat, Selasa.

Ia mengatakan, Pemkab Bangka dari jajaran paling bawah hingga ke atas sangat mendukung kegiatan ini, terkhusus Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) dan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) selaku organisasi perangkat daerah yang berurusan langsung dengan KPU Bangka, supaya bisa mempersiapkannya dengan baik sehingga tidak ada masalah atau kendala di lapangan.

Menurut dia, pihaknya sudah ke Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) yang menyatakan bahwa Kesbangpol Bangka harus mendirikan posko untuk berkoordinasi dengan semua pihak terkait pelaksanaan tahapan Pemilu 2019.

"Kami dari Pemkab Bangka berharap pelaksanaan Pemilu 2019 ini dapat berjalan dengan aman dan lancar dengan kerjasama serta dukungan semua pihak dan pemangku kepentingan yang ada di Kabupaten Bangka," katanya.

Sementara, Ketua KPU Kabupaten Bangka, M Hasan, mengatakan saat ini kurang dari 64 hari pelaksanaan Pemilu 2019, sangat diperlukan persiapan yang matang dan dukungan dari semua unsur terutama dari Pemkab Bangka.

"KPU perlu berkoordinasi dengan semua pihak yang berkaitan dengan pelaksanaan Pemilu 2019, karena nantinya memerlukan sarana dan prasarana yang dimiliki pemerintah guna pelaksanaan pemilu," kata M Hasan.

Ia mengatakan KPU Kabupaten Bangka saat ini sedang melakukan perakitan logistik Pemilu 2019 serta memindahkan logistik dari Gudang KPU Bangka ke Gedung Diklat yang dipinjamkan oleh Pemkab Bangka.

Kegiatan Pemilu 2019 mendatang akan menggunakan 871 unit Tempat Pemungutan Suara (TPS) di Kabupaten Bangka dengan jumlah pemilih di satu TPS sebanyak 300 pemilih hal ini menjadi salah satu persoalan di KPU Bangka, sehingga perlu disampaikan kepada aparat pemerintah di kecamatan hingga kepada kepala desa.

"KPU Kabupaten Bangka juga memerlukan dukungan untuk mempersiapkan tenaga Pelaksana Pemungutan Suara (PPS) yang bakal bertugas saat pelaksanaan Pemilu 2019, sehingga perlu sosialisasi dan surat keterangan kesehatan dari Dinas Kesehatan," katanya.

Ditambahkannya, selain memerlukan sebanyak 6.097 orang tenaga PPS, KPU Kabupaten Bangka juga memerlukan sebanyak 1.742 orag tenaga petugas perlindungan masyarakat (Linmas) yang disiapkan oleh Satpol PP Kabupaten Bangka.

Pewarta: Dwi HP

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2019