Sebanyak 368 tenaga kesehatan (nakes) di Kabupaten Bangka Tengah, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, sudah mendapatkan suntikan vaksin COVID-19 dosis keempat.

Kepala Dinas Kesehatan Bangka Tengah Anas Maarif di Koba, Jumat, mencacat sebesar 34,20 persen tenaga kesehatan sudah disuntik vaksin dosis keempat dari sasaran sebanyak 1.077 nakes.

"Kita terus gencarkan penyuntikan vaksin dosis keempat untuk tenaga kesehatan, karena mereka adalah garda terdepan dalam melakukan pertolongan pertama kepada pasien yang terpapar virus corona," kata Anas.

Pemkab Bangka Tengah sudah mendistribusikan vaksin dosis keempat ke seluruh pusat kesehatan masyarakat (Puskesmas) dan tenaga kesehatan bisa mendapatkannya di Puskesmas terdekat.

"Kita tidak menyiapkan gerai khusus untuk dosis keempat ini, stok vaksin kami siapkan di seluruh Puskesmas," katanya.

Selain vaksin dosis keempat, Pemkab Bangka Tengah juga menggencarkan pemberian vaksin dosis ketiga atau vaksin penguat (booster) untuk masyarakat umum.

Hingga saat ini, berdasarkan data Dinkes Bangka Tengah tercatat sebanyak 45.190 warga atau 29,48 persen dari 153.277 warga sasaran sudah mendapatkan dosis vaksin penguat.

"Akselerasi untuk vaksin penguat masih perlu ditingkatkan hingga ke pelosok desa dan semua Puskesmas kita dorong mempercepat pemberian vaksin dosis ketiga ini," katanya.

Pewarta: Ahmadi

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2022