Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, mendukung Badan Pusat Statistik (BPS) untuk menyukseskan program Registrasi Sosial Ekonomi (Regsosek).

"Regsosek ini membuka peluang pemanfaatan yang luas, tidak hanya program perlindungan sosial yang tepat sasaran, melainkan data regsosek yang lengkap ini mendukung program pemberdayaan ekonomi, penyediaan kebutuhan infrastruktur dasar, pemerataan akses pendidikan dan kesehatan," kata Sekda Kabupaten Bangka Tengah Sugianto di Koba, Selasa.

Dalam rapat koordinasi bersama BPS Bangka Tengah, ia mengatakan, pendataan regsosek harus komprehensif dan berkesinambungan.

"Kita juga harus mengoptimalkan pemanfaatan regsosek dalam setiap perencanaan dan implementasi program pembangunan," ujarnya.

Menurut Sugianto, pendataan regsosek ini membutuhkan upaya dan jalinan komitmen serta kolaborasi antara pemerintah pusat, daerah dan juga desa/kelurahan.

"Saya berharap ini bisa berjalan dengan baik sesuai dengan target dan kita perlu berkolaborasi untuk membangun daerah," katanya.

Kepala BPS Bangka Tengah Rizanal Mahmudin menjelaskan dalam menjalankan program regsosek ini akan disaring dengan baik agar tidak ada data ganda.

"Regsosek ini sebagai fondasi kuat yang dilakukan dengan kolaborasi dan koordinasi yang baik dengan pemerintah daerah," katanya.

Pewarta: Ahmadi

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2022