Kapolres Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung AKBP Catur Prasetiyo mengimbau para pelaku perjalanan mudik tidak segan memanfaatkan sejumlah posko yang telah disiapkan untuk membantu kelancaran arus mudik Idul Fitri 1444 Hijriah.

"Di Bangka Barat sudah kita siapkan lima posko di lokasi-lokasi strategis, baik itu posko pelayanan maupun posko pengamanan, silakan datang ke posko jika mengalami kendala selama dalam perjalanan," kata Kapolres Catur Prasetiyo di Mentok, Rabu.

Menurut dia, perjalanan mudik ke daerah asal merupakan perjalanan panjang yang cukup melelahkan sehingga dibutuhkan kesiapan fisik yang sehat dan kendaraan prima agar tidak mengalami kendala selama dalam perjalanan.

Baca juga: DPR: antisipasi gangguan keamanan saat arus mudik

Meskipun sudah dilakukan persiapan dengan baik, namun masih ada kemungkinan terjadi kendala selama dalam perjalanan, misalnya lelah, mengantuk, atau tiba-tiba sakit.

"Jika mengalami kendala, jangan terlalu dipaksakan dan lebih baik beristirahat di posko-posko yang sudah disiapkan oleh Pemerintah, Kepolisian maupun posko-posko instansi terkait lainnya," katanya.

Untuk di Bangka Barat, Polres Bangka Barat menyiapkan lima posko, terdiri dari empat pos pengamanan dan satu pos pelayanan di Pelabuhan Tanjungkalian, Mentok.

Baca juga: Polresta Pangkalpinang Bentuk Tujuh Pos Keamanan Mudik

Posko tersebut disiapkan untuk memudahkan masyarakat yang mungkin mendapatkan gangguan dalam hal keamanan atau permasalahan, khususnya dengan masalah hukum, itu bisa melaporkan ke pos-pos tersebut.

Di posko pelayanan di Pelabuhan Tanjungkalian juga disiapkan petugas medis, bahkan para pemudik bisa memanfaatkan pelayanan cek kesehatan gratis.

"Silahkan bagi teman-teman atau pemudik yang akan melakukan perjalanan melalui Pelabuhan Tanjungkalian bisa melakukan pemeriksaan kesehatan gratis," katanya.

Ia menambahkan, berdasarkan catatan terakhir jumlah personel Polres yang diturunkan untuk membantu kelancaran arus mudik tahun ini sebanyak 110 orang dibantu 112 orang petugas gabungan dari unsur TNI, Satpol PP, Dinas Perhubungan, BPBD, Pemadam Kebakaran, Basarnas, Pramuka dan lainnya.

"Mereka ini kita libatkan dalam membantu tugas-tugas di pos pelayanan maupun pos pengamanan yang ada. Sejauh ini situasi masih aman, lancar dan terkendali," katanya.

Baca juga: Keamanan di Pelabuhan Pangkalbalam masih kondusif

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Joko Susilo


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2023