Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mendirikan sekolah khusus para penghafal Al Quran yang bernuansa lingkungan hijau (tahfidz green school) di kawasan Bukit Pading, Kecamatan Perlang.

"Pembangunan Pondok Pesantren Al Kautsar Bukit Pading atau sekolah tahfidz green school ini bekerja sama dengan Yayasan Al Kautsar," kata Bupati Bangka Tengah Algafry Rahman usai peletakan batu pertama pembangunan pondok pesantren tersebut di Desa Perlang, Rabu.

Bupati menjelaskan, Pondok Pesantren Al Kautsar Bukit Pading tersebut merupakan sekolah Islam terpadu untuk jenjang SMP/MTs dan SMA/SMK dengan konsep pembangunan sekolah hijau.

"Lokasinya pembangunannya sengaja dipilih di kawasan Bukit Pading dengan nuansa alam yang masih asri, sehingga tempat yang menyenangkan bagi santri untuk belajar," ujarnya.

Ia mengatakan, tampilan fisik sekolah ditata secara ekologis sehingga santri tidak hanya menghafal, tetapi juga bersikap arif dan berperilaku ramah  lingkungan.

"Ini merupakan wujud dukungan Pemkab Bangka Tengah terhadap kemajuan pendidikan Islam di daerah ini," ujarnya.

Bupati juga menyampaikan bahwa pihaknya siap mendukung penuh dalam kegiatan pembangunan serta proses belajar.

"Kita pasti mendukung penuh kegiatan ini dan ke depan diharapkan bukan hanya belajar, tapi bisa mengolah lahan agar lebih produktif," ujarnya.

Ia mengatakan, pembangunan sekolah tersebut juga bagian dari siar Islam yang bisa memberikan perubahan untuk kehidupan masyarakat yang lebih baik.

"Dengan hadirnya sekolah tahfidz ini, tentu kita berharap semakin banyak generasi Islam yang menjadi penghafal Al Quran," ujarnya.

Pewarta: Ahmadi

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2023