Komisi Pemilihan Umum(KPU) Kabupaten Bangka Tengah, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, menetapkan sebanyak 306 calon legislatif (caleg) DPRD masuk dalam daftar calon tetap (DCT) Pemilu 2024, dimana dari jumlah itu sebanyak 111 orang atau 36,2 persen adalah perempuan. 

"Dari 306 caleg yang kami tetapkan dalam DCT itu sudah dinyatakan memenuhi syarat," kata Ketua KPU Bangka Tengah Supendi Saputra di Koba, Sabtu

Ia menjelaskan, sebanyak 306 caleg yang masuk DCT itu berasal dari 18 partai politik peserta Pemilu 2024.

"Sebanyak 306 caleg DPRD itu dengan rincian sebanyak 111 perempuan dan 195 laki-laki," ujarnya.

KPU sudah melalui tahapan verifikasi dan validasi yang sangat ketat, sebelum menetapkan DCT dan bahkan sudah meminta tanggapan publik sebelum DCT disahkan.

"Kita sudah memberikan kesempatan kepada masyarakat untuk melakukan pencermatan terhadap bakal calon legislatif yang telah ditetapkan dalam DCS Pemilu 2024, namun selama tahapan itu diberikan tidak ada masukan," katanya.

KPU Bangka Tengah juga melakukan validasi contoh surat suara yang akan digunakan pada pemilihan anggota DPRD kepada seluruh pengurus partai politik.

"Validasi ini penting agar tidak ada kesalahan nomor urut, nama, gelar dan foto di dalam surat suara yang dicetak," ujarnya.

Supendi berharap pesta demokrasi berjalan aman dan damai, tanpa terjadi konflik kepentingan sehingga dapat mencoreng demokrasi itu sendiri.

"Kita berharap sukses pelaksanaan, partisipasi meningkat dan jauh dari konflik politik," ujarnya.

Pewarta: Ahmadi

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2023