Pangkalpinang (Antara Babel) - Polda Kepulauan Bangka Belitung berhasil meringkus dua pencuri yang beroperasi di kawasan pemukiman, sedangkan satu penadahnya juga tertangkap.

"Dua pelaku masing-masing atas nama A Firdaus (27) dan Zakaria (28) asal Batam. Kedua pelaku ditangkap kemarin malam sekitar pukul 23.00 WIB di kontrakan Mereka di Jalan Gajah Mada Kota Pangkalpinang," kata Kabid Humas Polda Kepulauan Bangka Belitung AKBP Abdul Mun'im di Pangkalpinang, Rabu.

Dia mengatakan, kedua pelaku ditangkap berdasarkan laporan terkait terjadinya aksi empat pencurian dalam satu hari di Jalan Gajah Mada Kota Pangkalpinang pada 15 Agustus 2017.

Sebelum menangkap kedua pelaku ini, polisi menangkap penadah atas nama Erik Sanjaya (29) yang juga tinggal di Jalan Gajahmada pada Selasa (22/8) malam. Dari keterangan Erik, barang berupa telepon genggam dan laptop dibelinya dari pelaku Jaka yang juga mengontrak di Jalan Gajahmada.

Abdul Mun'im mengatakan, dalam melakukan aksinya para pelaku masuk ke rumah korban dengan cara merusak jendela belakang menggunakan alat berupa obeng dan pisau serta linggis kecil.

"Setelah jendela terbuka, pelaku meraih kunci pintu yang berada di samping jendela lalu masuk ke dalam rumah dan berhasil mengambil barang-barang berharga," ujarnya.

Dari hasil interogasi kedua pelaku tersebut mengakui telah melakukan pencurian secara bersama-sama di enam tempat kejadian perkara yaitu empat kali di Jalan Gajah Mada, satu kali di kontrakan sekitar Jembatan 12 dan satu kali di Jalan Air Itam Pangkalpinang.

"Dari semua TKP para pelaku berhasil membawa kabur berbagai jenis barang berharga mulai dari dompet beserta isinya, delapan telepon genggam berbagai merek, dua unit laptop, lima jam tangan berbagai merek, perhiasan dan lainnya," ujarnya.

Dia mengatakan salah satu pelaku atas nama Jaka terpaksa ditembak pada betis kaki kanannya karena melakukan perlawanan dan berusaha kabur saat akan ditangkap.

"Saat ini kedua pelaku dan satu orang penadah beserta barang bukti telah diamankan di Mapolda Babel untuk dilakukan pengembangan lebih lanjut," katanya.

Pewarta: Try Mustika Hardi

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2017