DPRD Kabupaten Bangka Tengah, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel), akan melakukan refocusing anggaran untuk penanganan COVID-19.

"Tahun ini akan ada refocusing atau realokasi anggaran untuk penanganan kasus COVID-19, kita akan koordinasikan dengan pihak eksekutif sebagai pelaksana anggaran," kata Ketua DPRD Bangka Tengah Me Hoa di Koba, Minggu.

Ia menjelaskan refocusing merupakan pengalokasian anggaran lebih fokus untuk penanganan kasus COVID-19 dan menunda penggunaan anggaran untuk kepentingan lainnya yang tidak relevan, tidak mendesak, dan belum menjadi skala prioritas.

"Refocusing anggaran tidak hanya Bangka Tengah saja, tetapi juga daerah lain di Indonesia sesuai dengan Surat Edaran (SE) Kementerian Keuangan (Kemenkeu) Nomor SE2/PK/2021 tertanggal 8 Februari 2021 tentang Penyesuaian Penggunaan Anggaran Transfer ke Daerah dan Dana Desa TA 2021 untuk Penanganan COVID-19," katanya.

Menurut dia, refocusing juga dilakukan dalam rangka mendukung penuh Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) berbasis mikro," ujarnya.

"Kita harus kawal PPKM, lebih diperketat lagi pemberlakuannya di masyarakat dan tentu saja butuh kerja sama semua pihak dalam penerapannya," ujar Ketua DPRD Bangka Tengah itu.

Me Hoa mendukung dan memberikan apresiasi kepada pihak Polres Bangka Tengah yang berkomitmen mengawal PPKM secara masif.

"Kita mendukung penuh, tentu saja berbagai pihak harus mendukung untuk kepentingan dan kebaikan bersama. Semoga Virus Corona cepat berlalu," tutup Me Hoa.

Pewarta: Ahmadi

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2021